Mari Mampir!

Selamat datang di blog saya. Selamat menikmati menu beragam yang akan mengisi dahaga mu akan ilmu dan rasa lapar mu akan cerita tentang hidup. Jangan dulu meninggalkan meja makan ku sebelum kamu kenyang dan siap melangkah lagi. Salam kebajikan.
Breaking News
recent

Blog Siswa dan Umpan Balik Guru




Setelah dua kali (minggu ketiga dan keempat di bulan Juli 2020) menuju pertemuan ketiga, beberapa siswa saya mulai agak terbiasa dengan kegiatan refleksi diri dan reviu materi di setiap pertemuannya. Saya bahkan tidak terlalu sering mengingatkan tentang reviu mereka di grup Line karena sudah ada beberapa yang mengirimkan tautan selepas semua kelas daring selesai di sore hari.

Setiap membaca hasil tulisan mereka, beberapa ada yang hanya fokus pada tahapan dan materi pembelajaran, ada pula yang mencurahkan tentang perasaannya selama belajar di kelas.

Akhirnya saya penasaran mengetahui seberapa besar antusiasme mereka pada penugasan melalui media blog ini.


HASIL SURVEY

Sebanyak 61 dari 81 siswa kelas 12 SMA Dwiwarna (Berasrama) Bogor tahun pelajaran 2020/2021, diantaranya yang mengisi survey, saya menemukan bahwa:

19.7% siswa merasa kesulitan membuat tugas menulis dalam berbahasa Inggris dan 80.3% tidak menemukan kendala.

3.2% siswa merasa tidak bersemangat, 24.6% merasa biasa-biasa saja, dan 72.2% merasa bersemangat.

8.2% siswa merasa terbebani, 40% merasa biasa-biasa saja, dan 51.8 merasa tidak terbebani sama sekali.

23.1% siswa akan melanjutkan menulis di blog meskipun tanpa ada penugasan dari guru, 13.1% tidak berniat menulis lagi di blog, dan 65.6% nya belum menentukan untuk lanjut menulis di blog atau tidak.

3.3% siswa merasa kesulitan menulis di media blog dan 96.3% merasa tidak mengalami kendala.

82% siswa mendapatkan feedback atau revisi penulisan dari guru dan 18% tidak mendapatkan sama sekali.


11.5% siswa berpendapat bahwa revisi guru dirasa tidak terlalu memberikan manfaat pada hasil tulisan mereka di blog dan 88.5% merasakan manfaatnya untuk perkembangan menulis mereka.


KESIMPULAN

  1. Siswa berproses dengan baik dalam pembelajaran Bahasa Inggris hingga pertemuan kedua dengan menggunakan media blog sebagai portofolio hasil tulisan di semester pertama kelas 12 SMA Dwiwarna tahun ajaran 2020/2021.
  2. Siswa belajar dengan cerdik; mereka tidak menemukan banyak kendala dalam mengaplikasi pembelajaran di kelas daring dengan menggunakan media blog. Bahkan, mereka mampu beradaptasi dengan teknologi yang menunjang pembelajaran jarak jauh.
  3. Pelayanan guru untuk memberikan revisi dan umpan balik pada tulisan siswa harus lebih dimaksimalkan kembali agar kebutuhan siswa terpenuhi untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka. Ada dua kemungkinan untuk umpan balik ini: (a) Siswa tidak diberikan umpan balik karena terlewat; dalam satu hari bisa puluhan siswa mengirimkan tautan blog dan meminta umpan balik, dan (b) masih ada siswa yang belum membuat blog sehingga tidak ada ada post yang dapat direvisi oleh guru.
  4. Guru harus memberikan lebih banyak motivasi agar semangat menulis mereka semakin tinggi.

Hasil tulisan ini hanya sebagai bentuk refleksi untuk saya secara pribadi selama mengajar secara daring. Media yang saya gunakan adalah blog sebagai Portofolio selama mereka di kelas 12 di SMA Dwiwarna (Berasrama) Bogor.

Saran dan masukan yang membangun dari teman-teman pembaca sangat saya harapkan agar, tidak hanya untuk cara pengajaran, tetapi juga cara penulisan, dapat meningkatkan kemampuan saya sebagai, Insha Allah, seorang guru penulis.

Terima kasih.

21 comments:

  1. Wah, kl saya jadi muridnya masuk kategori apa ya? Salah satunya mungkin mau melanjutkan ngeblog hehe
    Andai saya kenal blog sejak smu. Mreka beruntung huhu

    ReplyDelete
  2. Wah Pak Guru nya rajin euy, saya dulu kalau ngerjain tugas kayaknya enggak pernah disurvey saman guru

    ReplyDelete
  3. Feedback dari guru ini emang penting banget bagi siswa, dia jadi merasa hasil karyanya dihargai. Ini juga bisa meningkatkan motivasi siswa untuk terus menulis.

    Saya penasaran pengen bisa berkunjung ke SMA dwiwarna ini. Pernah dapat cerita dari salah satu teman tentang perjuangan pendirinya mendirikan sekolah ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main-main mbak ke Parung, Kab. Bogor, ditunggu kunjungannya.

      Delete
  4. Wah senang bacanya
    Mengasah kemampuan menulis siswa lewat blog
    Btw aku baru tahu mas nya guru di SMA Dwiwarna, seperti kapan-kapan aku mau nanya 2 soal sekolah ini

    ReplyDelete
  5. Hebat banget nih pak konsep mengajarnya, by blog. Andai semua guru dan murid memiliki akses dan fasilitas ke metode ini ya, literasi masyarakat Indonesia tentu bakal meningkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Alhamdulillah saya tidak menemukan kesulitan dari fasilitas karena semua siswa memiliki laptop sehingga saya tidak sungkan-sungkan untuk menjalankan proyek ini.

      Delete
  6. wah bener nih prediksi sy kakak ngajar di SMA Dwiwarna daerah sawangan ya kak..tetangga kita hehe..btw emang bener pjj ini hrs dibiasakan ya dng aneka metode..salah satunya bikin tulisan diplatform blog..keren nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya Parung sebelum sawangan (jika dari arah Bogor). Mbak nya dimana gitu?

      Delete
  7. Aku kenal nama SMA Dwiwarna ini waktu jaman sekolah gara-gara membaca cerita Islami di majalah remaja Annida. Eh, ternyata sekarang malah ketemu nih sama salah satu gurunya.

    Media blog ini digunakan untuk menyampaikan materi dari guru atau oleh siswa juga Mas, untuk mengumpulkan tugas. Menurutku sih, balik lagi ya ke karakter masing-masing. Aku tipe audio visual. Rasanya sulit belajar kalau nggak melihat gurunya. Dalam hal ini gambar dinamis, jadi bukan hanya melihat sang guru bicara seperti di zoom. Aku butuh melihat gurunya bergerak dan intonasinya benar-benar seperti tengah mengajar di kelas, bukan membaca buku.

    Apapun media yang teman-teman guru coba gunakan, semoga semuanya diberikan kemudahan dalam menimba dan membagikan ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk mengajar masih audio visual secara daring menggunakan video conference mbak. Blog saya gunakan sebagai bentuk reviu mereka setiap sesi (pertemuan) atau bahan bacaan ketika ada materi yang butuh mereka ulang dari tulisan gurunya.

      Delete
  8. Wah urusan belajar bahasa saya akui sekarang memang lebih seru dan menyenangkab. Soalnya praktek langsung. Kalau dulu seringnya dari awal yang dikenalin sama grammar. Saya juga lagi belajar bahasa inggris nih sekarang, takut ketinggalan sama anak jaman sekarang haha

    ReplyDelete
  9. Waah keren pak guru. Ini bisa jadi penelitian sendiri yah hehe. Jadi inget guru Biologi saya yg inovatif bangettt dan bikin betah kalo ngajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau nya dibuat jurnal tapi belum nemu waktu buat revisi ke dalam bentuk jurnal nya (alasan doank)

      Delete
  10. Anda keren pak
    Semoga bisa nular energinya
    Salam kenal haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal bapak Ardi Rezal yang baik hati dan tidak sombong :D

      Delete
  11. Wah gurunya keren,kalau saya dulu nggak ada survey gitu mah

    ReplyDelete
  12. keren nih gurunya.open minded banget buat murid muridnya. salut saya. cara mengajarnya unik pak guru. lanjutkan.

    ReplyDelete
  13. Wah ini sih udah oke banget. Siswa dibimbing untuk memiliki blog dan menulis di blog... Gurunya amat visioner sih ini... Keren lah. Tetap semangat deh buat murid-muridnya

    ReplyDelete
  14. Keren, Pak, memang sudah waktunya sih siswa sekolah di Indonesia diperkenalkan dengan yang namanya blog dan aktivitas menulis. Lanjutkan, Pak... semangat

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan atau komentar yang membangun untuk penulisan/karya yang lebih baik. Terima kasih.

Powered by Blogger.